ramadhan

Pemkab Bolsel Gelar Upacara Peringatan Hari Kartini dan Otda

0 51

MEDIONET, BOLSEL – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Kamis (25/4/2024) menggelar dua upacara peringatan sekaligus dilaksanakan secara bersama di lapangan apel, Kawasan Perkantoran Panango, Kecamatan Bolaang Uki. Kedua upacara tersebut yaitu Peringatan Hari Kartini ke-145 dan Peringatan Hari Otonomi Daerah ke-28 tahun 2024.

Bupati Bolsel H. Iskandar Kamaru SPt, MSi dalam amanatnya yang dibacakan Asisten II Sekda Bidang Administrasi Umum Ichsan Utiah, menyebut Hari Kartini yang diperingati setiap tanggal 21 April merupakan peringatan akan sejarah perjuangan emansipasi perempuan di mana frasa “Habis Gelap Terbitlah Terang” adalah kalimat istimewa yang tidak bisa dilepaskan dari sosok Ibu R.A. Kartini.

“Atas perjuangan R.A. Kartini itulah, saat ini kita bisa melihat perempuan-perempuan Indonesia yang hebat. Karena itu, mari kita tanamkan persepsi untuk menghargai, menghormati dan melindungi perempuan karena mereka adalah sosok ibu yang rela berkorban, sosok yang istri yang mau berjuang dan pembawa generasi masa depan,” jelas Ichsan.

Ia berharap, semoga di Bolsel akan hadir sosok kartini-kartini baru yang bisa membawa perubahan, berani berinovasi dan berdaya saing tinggi. Peringatan ini juga diharapkan menjadi momentum kebangkitan kaum perempuan di daerah ini untuk ikut berpartisipasi dan memberikan yang terbaik bagi kemajuan daerah.

Selanjutnya, terkait peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda), Asisten II mengajak semua untuk benar-benar memaknai kembali arti dan filosofi dari Otda. Di mana Otda merupakan hak, wewenang dan kewajiban daerah untuk mengatur serta mengurus sendiri urusan pemerintahan dan warganya dalam bingkai NKRI, sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah.

“Peringatan Hari Otda tahun ini mengangkat tema ‘Otonomi Berkelanjutan Menuju Ekonomi Hijau dan Lingkungan yang Sehat’. Mari kita jadikan ini sebagai momentum untuk secara bersama-sama memupuk semangat kerja, motivasi, dedikasi dan pengabdian kepada masyarakat, guna meningkatkan penyelenggaraan otonomi daerah yang berkualitas. Bupati berpesan kepada kita semua, untuk selalu membangun team work dan lingkungan kerja yang solid, serta terus bekerja dengan penuh semangat,” tambahnya.

Diketahui, turut hadir dalam dalam peringatan dua hari besar tersebut diantaranya, Asisten III Muh. Suja Alamri, para Staf Ahli dan Staf Khusus Bupati, para pimpinan PD serta jajaran ASN di lingkup Pemkab Bolsel. (Advertorial)

Leave A Reply

Your email address will not be published.