ramadhan

Ribuan Pencaker Sumringah, Waktu Dekat Boltim Buka Rekrutmen CPNS dan PPPK 2021

0 453

MEDIOnet, BOLTIM Ini kabar gembira bagi ribuan Pencari Kerja (Pencaker) yang tersebar di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim). Pasalnya, dalam waktu dekat ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boltim, kembali membuka seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS 2021 dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau PPPK.

Dimana Pemerintah pusat menyiapkan 189 ribu formasi, yang ditempatkan untuk mengisi jabatan selain guru. Sedangkan secara keseluruhan dipersiapkan sekira 1,272 juta formasi untuk seleksi CPNS 2021 dan PPPK tersebut. Adapun perekrutan 1 juta formasi untuk guru PPPK mengambil porsi terbanyak pada seleksi ASN tahun ini. Kebutuhan formasi ini bisa di isi oleh tenaga honorer yang terdaftar dalam Dapodik Kemendikbud, guru honorer eks THK-2, dan lulusan PPG yang tidak mengajar.

Sebagaimana dikatakan Bupati Boltim, Sam Sachrul Mamonto, melalui Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Boltim, Reza Mamonto. Menurut Reza, Boltim sendiri dalam perekrutan CPNS tahun ini mengusulkan sebanyak 280 kuota yang terbagi untuk tenaga teknis sebanyak 140 kursi dan tenaga kesehatan 118 kursi. Sedangkan untuk tenaga guru kita ajukan untuk pengisian guru Agama Islam dan Agama Kristen dengan total sebanyak 22, kursi. Sedangkan untuk perekrutan PPPK tahun ini, Pemkab Boltim merekrut sebanyak 215 kursi khusus guru, karena sesuai dengan skala prioritas dari MenPAN dan  Mendiknas. “Ini sesuai dengan skala prioritas dan kebutuhan,” kata Reza, Rabu (14/4/2021).

Disinggung terkait nasib para honorer daerah yang masuk dalam Kategori-2 (K-2) tenaga teknis itu masih menunggu petunjuk dari pusat.

“Semua akan bertahap, sebab kedepan sudah tidak ada lagi yang namanya honorer, karena akan dialihkan ke PPPK bagi mereka yang memenuhi syarat,” kata Reza.

Terkait proses perekrutan CPNS dan PPPK tahun ini akan dimulai dengan penetapan formasi pada bulan April.

“Kita tinggal menunggu formasi dari MenPAN,” katanya.

Ditambahkannya, pasca penetapan formasi, jadwal CPNS 2021 akan dilanjutkan pada proses pendaftaran yang di buka pada April-Mei 2021. Setelah dilakukan pendaftaran, tahap seleksi akan dimulai pada Juni 2021.  Meski dalam masa  Pandemi Covid-19, diperkirakan proses pendaftaran akan berlangsung sama seperti seleksi CPNS tahun-tahun sebelumnya.

“Untuk Boltim sendiri tes akan dilaksanakan di Boltim, karena fasilitas susah memadai dimana nantinya tes akan dilakukan dua sesi yakni lewat tes SKD dan tes SKB ,” terang  Mamonto. (bm)

Leave A Reply

Your email address will not be published.