ramadhan

Lewat Rakor Virtual, Presiden Tekan Kepala Daerah Memiliki Program Skala Prioritas

0 200

MEDIOnet, BOLTIM Bertempat di ruang rapat kerja Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim),  puncak gunung lonceng Tutuyan, Bupati dan Wakil Buapti Boltim Sam Sachrul Mamonto dan Oskar Manoppo, secara virtual mengikuti Rapat Kordinasi (Rakor), sekaligus mendengarkan arahan Presiden RI Joko Widodo, Rabu (14/04/2021).

Dalam Rakor tersebut, Presiden Joko Widodo lebih menekankan kepada seluruh kepala daerah untuk fokus mendorong pemulihan ekonomi dan penanganan Covid 19. “Keduanya sangat erat kaitannya dengan upaya pemulihan ekonomi, maka dua poin ini harus dijadikan fokus kebijakan pembangunan daerah dan harus memiliki skala prioritas yang jelas,” tegas Presiden.

Presiden juga menambahkan, mengingat dana APBN dan APBD yang sangat minim di masa Pandemi Covid 19 ini, maka Pemerintah Daerah diminta untuk memfokuskan anggaran belanja pembangunan pada program-program prioritas. “Di samping pentingnya kebijakan arah alokasi APBD, maka Kepala Daerah dalam pembelanjaan APBD menjadi efektif dan dirasakan langsung menyentuh ke masyarakat,” pinta Presiden.

Jokowi mengarahkan kepada Kepala Daerah agar terus menarik dan meningkatkan investasi, serta meminta untuk mendukung Undang-undang Cipta Kerja yang telah disahkan Presiden. “Kepala Daerah harus mempermudah dan mempercepat pengurusan izin bagi investasi. Sehingga akan menarik investor untuk berinvestasi khusunya di daerah,” jelasnya.

Di akhir rakor virtual tersebut, Bupati Boltim mengatakan, pihaknya akan menindaklanjuti seluruh arahan yang disampaikan oleh Presiden RI. “Kami dari daerah tetap tegak lurus untuk mengikuti program Pemerintah Pusat yang nantinya bermuara di daerah. Semua ini untuk kepentingan masyarakat, maka wajib kita dukung bersama, terutama terkait penanganan Covid 19 yang menjadi fokus utama kami pemerintah daerah,” kata Sachrul.

Diketahui, kegiatan rakor virtual ini turut dihadiri Kapolres Boltim AKBP. Irham Halid SIK, Sekertaris Daerah (Sekda) Sonny Warokka dan beberapa kepala SKPD. (bm)

Leave A Reply

Your email address will not be published.