ramadhan

Pemdes Kobo Kecil Ikuti UAT ‘Piloting’ Siskeudes Link

0 56

MEDIONET. CO.ID,KOTAMOBAGU–Dalam rangka penerapan aplikasi system keuangan desa (Siskeudes) Pemda Kota Kotamobagu lewat Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) melaksanakan kegiatan yang dilaksanakan Selasa hingga Rabu (26-27/3) kantor pusat Bank Sulut Gorontalo (BSG) di Manado.

Kegiatan ini diikuti oleh dua desa untuk satu kabupaten/kota. Untuk Kota Kotamobagu, pelaksanaan dua hari yang dimulai hari ini, diikuti oleh Pemdes Pontodon (Kotamobagu Utara) dan Kobo Kecil (Kotamobagu Timur).

Tercatat dua Sangadi setempat, masing-masing bersama Sekdes, Kepala Urusan (Kaur) Keuangan, operator Siskeudes, dan perangkat desa yang terkait dengan kegiatan UAT Siskeudes Link. Adapun keterlibatan BSG karena bank milik Pemprov dan Pemda-Pemda di Sulut dan Gorontalo itu merupakan bank mitra kerja keuangan Pemdes di lingkungan Pemda Kota Kotamobagu.

Sangadi Kobo Kecil, Sri Rahayu Monoarfa bersama Sekdes Roni Papene memimpin langsung rombongan dari Kobo Kecil. “Mengingat pentingnya aplikasi ini, maka Pemdes Kobo Kecil antusias mengikuti kegiatan ini. Seminggu pun kami siap, bukan hanya dua hari,” kata Sangadi Sri Rahayu.

Untuk diketahui, Siskeudes merupakan implementasi UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Tujuan aplikasi ini adalah untuk mempermudah Pemdes dalam pengeloaan keuangan desa agar lebih optimal. Siskeudes juga merupakan alat kendali atau tolok ukur akuntabilitas pengeloaan keuangan desa agar sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.  (And)

Leave A Reply

Your email address will not be published.