ramadhan

Genjot Percepatan Pembangunan, SSM – OPPO “Maraton Jemput Bola” di Pusat

0 134

MEDIOnet, BOLTIM Guna percepatan pembangunan di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Bupati Sam Sachrul Mamonto dan Wakil Bupati Oskar Manoppo (SSM-OPPO) tidak hanya diam.

Buktinya, saat ini duet SSM-OPPO terus membuka jaringan bahkan secara maraton melakukan upaya dengan memaksimalkan jaringan yang ada di pusat untuk melobi anggaran demi kesejahteraan masyarakat Boltim. Lihat saja, dari berbagai upaya yang dilakukan di tengah keterbatasan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) karena terdampak Pandemi Covid-19, Bupati Botim mengutus Wabup Oskar Manoppo bersama Staf Khusus, Fiko Onga dan beberapa kepala SKPD untuk melakukan lobi dan penawaran program pembangunan prioritas di Kementerian hingga ke DPR RI.

Wabup beserta rombongan melakukan pertemuan dengan Sekretaris Jendral (Sekjen) PDTT, Taufik Madjid guna membahas beberapa poin penting terkait pengembangan jalan perkebunan yang berbasis integratif dengan desa, pengembangan desa melalui multi sektoral, ekspose potensi desa oleh Bupati dengan lintas Kementrian dan Lembaga, yang akan difasilitasi oleh Kementrian Desa.

Wabup saat dihubungi membenarkan hal tersebut. Dikatakannya, sejak Kamis ( 22/04/2021) ia beserta rombongan membahas terkait rencana kunjungan Sekjen Kemendes ke Boltim. “Kunjungan tersebut dalam rangka ekspose mini potensi desa,” kata Oskar.

Dikatakannya lagi, pihaknya juga melakukan kunjungan dengan Wakil Ketua DPR RI yang juga sekaligus Koordinator Bidang Industri dan Pembangunan Rahmat Gobel, dalam rangka membahas  percepatan pembangunan di Boltim, dengan melibatkan pihak swasta yakni PT ASA.

Di hari selanjutnya, Jumat (23/4/2021) rombongan yang dipimpin Wabup tersebut, mengunjungi Wakil Menteri PUPR, Wempi Wetipo guna membahas percepatan intervensi pemerintah pusat terkait perumahan lewat program kementerian yakni BSPS, RTLH dan Rumah Khusus.

“Sesuai data yang ada, Boltim masih membutuhkan empt ribu rumah untuk rakyat miskin. Berkaitan dengan percepatan program peningkatan ruas jalan Nasional yakni Modayag dan pusat kota Tutuyan, yang dibutuhkan oleh Kementrian adalah jaminan pembebasan lahan dari Pemda. Selanjutnya terkait dengan anggaran, pihak Kementrian mengaku akan membantu Pemda Boltim lewat sinergitas dengan pak Rahmat Gobel,” jelas Oskar.

Sementara itu, Koordinator Staf Khusus Bupati, Fiko Onga mengatakan, langkah yang dilakukan Pemkab Boltim ini merupakan langkah awal dari upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat, serta percepatan pembangunan infrastruktur, sesuai dengan visi misi Pemerintah Kabupaten saat ini.

“Alhamdulillah untuk langkah awal ini kita mendapat sambutan yang baik dari Kementrian dan Wakil Ketua DPR RI. Ini adalah awal yang baik, demi masyarakat Boltim yang maju dan Sejahtera,” kata Fiko.

Terpisah, Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto, mengatakan, dirinya berharap nantinya pertemuan antara Pemkab Boltim dengan pihak Kementerian hingga DPR RI mampu membantu Pemkab Boltim dalam mewujudkan program pembangunan yang tertuang dalam VIsi Misi daerah.

“Kami selaku Pemerintah Daerah, akan berupaya semampu mungkin untuk mewujudkan pembangunan di Boltim ke arah yang lebih baik. Untuk itu, kami berharap dukungan dari seluruh elemen masyarakat agar apa yang kita cita-citakan bisa berjalan lancar dan tercapai sesuai harapan kita bersama. Semua ini tidak lain, hanya untuk kesejahteraan rakyat Boltim yang tertuang salam visi misi,” terang Sachrul. (BM)

Leave A Reply

Your email address will not be published.