ramadhan

Pjs Walikota Hadiri Upacara Tulude, Asripan Nani Beri Apresiasi FORMASST

0 45

MEDIONET. COM, KOTAMOBAGU–Penjabat Wali Kota Kotamobagu, Asripan Nani, menghadiri upacara adat Tulude yang diselenggarakan oleh Forum Masyarakat Sangihe, Sitaro, dan Talaud (FORMASST), Kamis 29 Februari 2024.

Acara yang berlangsung di GMIBM Pusat Kota Kotamobagu ini merupakan salah satu wujud nyata dari keberagaman budaya yang ada di daerah ini.
Dalam sambutannya, Asripan Nani menyampaikan ucapan selamat datang kepada Ketua Umum FORMASST, Prof. Dr. Anderson Guntur Kumenaung SE M.Si CWM.
“Selamat datang di Kota Kotamobagu pak prof selaku Ketua Umum FORMASST dengan bahasa adat kami, dega niondon komintan. Mudah-mudahan pertemuan ini memiliki nilai kedamaian dan kesejahteraan,” ujarnya dengan penuh kehangatan.
Menurut Asripan, upacara adat Tulude tidak hanya menguatkan identitas budaya, tetapi juga mengandung nilai-nilai spiritual dan kesyukuran dalam merawat keberagaman di Kota Kotamobagu.
“Tulude merupakan sebuah komitmen pengucapan syukur kepada Tuhan yang maha kuasa atas segala berkatnya kepada umat manusia,” tambahnya.
Asripan juga menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya acara adat Tulude bagi masyarakat etnis Nusa Utara di Kota Kotamobagu.
“Atas nama pribadi dan pemerintah daerah, dengan rasa bangga saya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada FORMASST beserta seluruh panitia atas sukses terlaksananya kegiatan ini,” ungkapnya.
Pada kesempatan itu, Asripan menegaskan komitmen pemerintah dan masyarakat dalam menjaga dan memperkuat keberagaman.
“Di mata kami selaku pemerintah, semua masyarakat sama, tidak membedakan suku, agama maupun Ras. Pemerintah wajib merangkul semua keberagaman, karena dengan keberagaman itu, maka kita berkolaborasi membangun daerah yang sama kita cintai,” tegasnya.
Upacara adat Tulude ini juga dihadiri oleh sejumlah tokoh dan pejabat penting, antara lain Pj Bupati Bolmong Limi Mokodompit, Ketua DPRD Kota Kotamobagu Meiddy Makalalag, Ketua PN Kota Kotamobagu Jifli Zulfami Adam, Danramil Kotamobagu Kapt Armed Chandra, Kapolsek Kotamobagu AKP Romi Ginoga, serta sejumlah pimpinan OPD Pemkot Kotamobagu, Tokoh Masyarakat, dan Aliansi Masyarakat Adat Bolaang Mongondow. (And)

Leave A Reply

Your email address will not be published.