ramadhan

Bupati Bolsel Hadiri Rakornas Dukcapil 2023

0 124

MEDIONET, BOLSEL – Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), H. Iskandar Kamaru, Rabu (8/2/2023) menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) tahun 2023 yang diselenggarakan di Novotel, Manado.

Kegiatan Rakornas Dukcapil tersebut mengusung tema “Digitalisasi Adminduk Untuk Pelayanan Publik dan Pemilu 2024”. Kegiatan tersebut di ikuti para Bupati Walikota se-Indonesia, Kadis Capil dan jajaran, perwakilan World Bank dan pimpinan perangkat daerah terkait lainnya.

Bupati Bolsel H. Iskandar Kamaru, mengatakan, dalam acara ini Wagub Sulut Steven Kandouw menegaskan, meski baru saja dilanda bencana, Provinsi Sulut khususnya Kota Manado, bisa menggelar Rakornas. Terkait digitalisasi data, Wagub mengakui hal ini sangat penting, karena tanpa digitalisasi akan kesulitan.

Sementara itu, Mendagri Tito Karnavian yang diwakili Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh, mengucapkan terima kasih kepada seluruh Bupati/Walikota dan Kadis Dukcapil se-Indonesia yang hadir mengikuti kegiatan.

Dalam penjelasannya, Dirjen Dukcapil menguraikan, bahwa pendataan bisa dilakukan dengan tertib dan tanpa tercecer bila dilakukan dengan cara jemput bola yaitu terjun langsung. Selain itu, dia meminta jajaran Dukcapil untuk mempermudah pelayanan terutama yang sudah ada anjungan Dukcapil mandiri.

“Gunakanlah NIK sebagai dasar untuk persyaratan dan jangan ada pungli dalam setiap pelayanan. Mari tingkatkan pelayanan online, karena kedepannya KTP akan di-digitalisasi agar bisa mempermudah masyarakat,” kata Dirjen Dukcapil dalam acara tersebut. (Eka)

Leave A Reply

Your email address will not be published.