ramadhan

KPU Bolsel Tetapkan Paslon Bupati dan Wabup Terpilih

0 489

MEDIONET, BOLSEL – Setelah dikeluarkannya Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK) oleh Mahkamah Konstitusi (MK) yang menyatakan penyelenggaraan Pilkada serentak di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) bebas dari laporan konstitusi. Maka Kamis (21/01), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bolsel menggelar rapat pleno terbuka penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih pada Pilkada serentak 2020.

Pleno yang digelar di halaman Kantor KPU Bolsel ini dipimpin langsung oleh Ketua KPU Bolsel Eskolano Kakunsi dan turut dihadiri pihak Bawaslu, Parpol pengusung, Polres, TNI dan perwakilan Ormas. Selain itu, hadir pula pasangan Bupati dan Wakil Bupati terpilih Hi. Iskandar Kamaru dan Deddy Abdul Hamid.

Ketua KPU Bolsel saat menggelar jumpa pers dengan awak media menjelaskan, penyelenggaraan pleno ini berdasarkan  berita acara nomor : 02/PL.02.7-BA/7111/Kab/I/2021 yang secara resmi ditanda tangani oleh jajaran Komisioner KPU Bolsel. “Dalam lampiran berita acara ini juga sudah sesuai dengan keputusan KPU Bolsel bernomor : 413/PL.02.6-Kpt/7111/XII/2020 tentang penetapan hasil rekapitulasi penghitungan suara pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bolsel,” jelasnya.

Dikatakannya, dalam lampiran surat tersebut, sudah sesuai dengan surat kepurusan rekapitulasi hasil penghitungan suara dari tiap kecamatan yang ada dalam surat Model-D hasil Kabupaten/Kota-KWK, yang mana memutuskan Paslon Bupati dan Wakil Bupati peraih suara terbanyak yakni, pasangan Hi. Iskandar Kamaru dan Deddy Abdul Hamid dengan jumlah suara sebanyak 33.120 suara.

Pleno penetapan ini juga kata Eskolano, tertuang dalam surat KPU Republik Indonesia Nomor: 60/PL.02.7-SD/03/KPU/I/2021 tanggal 20 Januari tentang Penetapan Calon Terpilih Pemilihan Serentak Tahun 2020.

“Dengan berakhirnya pleno ini, juga menandakan seluruh tahapan Pilkada serentak 2020 berakhir. Meskipun beberapa tahapan sempat tertunda karena Pandemi Covid-19, namun kita mampu menyukseskan Pilkada ini dengan damai,” katanya.

Disisi lain, Ketua KPU Bolsel juga mengucapkan banyak terima kasih kepada masyarakat yang turut mengsukseskan Pilkada. “Kali ini KPU Bolsel mampu meningkatkan partisipasi masyarakat di angka 94,41 persen untuk pemilihan Bupati dan Wakil Bupati. Persentase itu membuat KPU Bolsel menempati urutan kedua se-Sulawesi Utara sebagai daerah dengan partisipasi Pemilu tertinggi. Salam Demokrasi,” pungkasnya.

Sekadar informasi, pelaksanaan kegiatan ini berlangsung tertib dan aman, serta mengutamakan protokol Covid-19. (Mrn)

Leave A Reply

Your email address will not be published.