ramadhan

Profil Arter Datunsolang yang Diprediksi Maju Calon Wakil Bupati Bolmut Pilkada 2024, Digadangkan Dampingi Asripan Nani

0 287

MEDIONET.COM, BOLMUT–Birokrat muda, Dr. Arter Datunsolang M.Si sudah memantapkan diri untuk berjuang dalam Pilkada Bolmut 2024.

Pria 50 tahun itu diusung sebagai calon wakil bupati (cawabup) dan bakal berpasangan dengan calon bupati (cabup) Dr. Asripan Nani M.Si.

Pria yang kini aktif sebagai ASN Bolmut ini mengatakan siap bekerja keras demi mewujudkan cita-cita membangun Bolmut lebih baik.

“Saya berniat tulus, ingin bersama-sama bangun Bolmut yang jauh lebih baik lagi. Terutama percepatan pembangunan yang dimulai dari pemerataan hingga ke desa-desa,” kata Arter.

Arter kini masih tetap  aktif diberbagai organisasi sejak masih mengecap pendidikan di bangku perkuliahan.

Tercatat ia merupakan dewan pakar Korps Alumni HMI (KAHMI) Majelis Daerah (MD) Sulut. Tak hanya itu saja, bahkan pria kelahiran Bintauna 18 Februari 1974 merupakan lulusan pasca sarjana di Universitas Jakarta tahun 2013.

Tak hanya itu saja, bahkan ayah dari Amabel Alifah Datunsolang dan Arkana Abrar Datunsolang ini pernah menjadi Ketua Umum HMI Cabang Gorontalo di tahun 2000.

Arter sendiri kini telah bertekad maju di Pilkada Bolmut yang diwacanakan bakal mendampingi PJ Walikota Kotamobagu, Dr. Asripan Nani M.Si.

Lantas siapa sosoknya? Berikut profil lengkap Arter Datunsolang, tokoh yang diprediksi maju jadi calon Wakil Bupati Bolmut dirangkum Medionet.com, Rabu 27 Maret 2024.

Arter merupakan putra asli Bintauna, Bolmut. Dirinya dilahirkan di Kelurahan Bintauna, Kecamatan Bintauna, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara pada 18 Februari 1974.

Ia menghabiskan masa kecilnya di tanah kelahirannya.

Nursiah menempuh pendidikan dasarnya di SDN 1 Inpres Bintauna lulus 1986. Lalu dilanjutkan di SMPN Bintauna Praya dan SMAN Telaga Gorontalo.

Lulus sekolah, Arter melanjutkan pendidikan S1  di STKIP Negeri Gorontalo Fakultas Ilmu Pengetahuan.

Serta melanjutkan pasca sarjana di Universitas Negeri Jakarta mengambil fakultas Kependudukan dan Lingkungan Hidup.

Tidak berhenti disitu, Arter kembali melanjutkan magister di Universitas Negeri Jakarta pada program fakultas Manajemen Lingkungan Hidup.

Jenjang karier

Perjalanan karier Arter Datunsolang diawali dirinya menjadi anggota Panwaslu di Kabupaten Gorontalo pada tahun 1999.

Usai dari Panwaslu, Arter menjadi seorang Aparatur Negeri Sipil (ASN) di Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Gorotalo pada tahun 2005.
Tak hanya itu saja, ia juga menjadi konsultan keuangan Mitra Bank pada tahun 2004 hingga sekarang.

Bahkan beberapa jabatan seperti Biro Perencanaan Organisasi dan Tatalaksana Bappenas RI tahun 2007.

Hingga beberapa jabatan eselon II di Kabupaten Bolmut pernah dijabat oleh pria yang pernah menjadi pemimpin Redaksi di Tabloid Investigasi ini.

Organisasi

Ketua Umum HMI Cabang Gorontalo Tahun 2000
Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Jurusan  Pendidikan Ilmu Sosial STKIP Gorontalo Tahun 1998
Ketua Umum Presidium Masiswa sebelum menjadi BEM STKIP Gorontalo 2000
Presidium KAHMI MD Bolmut hingga sekarang
Serta berbagai latar organisasi pun ia aktif bahkan menjadi pimpinan di organisasi yang ia ikuti.

Demikian sedikit ulasan mengenai sosok profil Calon Wakil Bupati Dr. Arter Datunsolang M.Si yang digandang-gadangkan bakal mendampingi PJ Walikota Kotamobagu, Dr. Asripan Nani M.Si. (And)

Leave A Reply

Your email address will not be published.