ramadhan

Perhitungan Cepat LSI Denny JA Pastikan, AA-RS Jawara Pilkada Manado

0 222

LINGKARAN Survey Indonesia (LSI) Denny JA, Rabu 9 Desember 2020 mengeluarkan hasil perhitungan cepat (quick count) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Manado di Swissbell Hotel. Dari hasil perhitungan cepat suara yang telah mencapai 90 persen, LSI Denny JA memprediksi, pasangan calon (paslon) Walikota Manado, Andrei Angouw (AA) dan Wakil Walikota, Richard Sualang (RS) menjadi jawara di Pilkada Manado.

Peneliti LSI Denny JA, Firman menjelaskan dari hasil perhitungan cepat yang sudah mencapai 90 persen tersebut, paslon AA-RS bakal memenangkan Pilkada. “Hasil sementara dari 90 persen suara yang masuk AA-RS meraih 36,27 persen disusul JPAR-Ai 27,73 persen, kemudian Mor-HJP 23,08 persen dan SSK-SS 12,93 persen. Kita memprediksi di Pilkada Manado ini AA-RS akan menang,” terangnya.

Lanjut Firman, hasil perhitungan cepat LSI Denny JA dipastikan tidak akan berbeda jauh dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Ini berdasarkan beberapa pengalaman di Pemilihan Presiden dan kabupaten/kota lainnya di Indonesia. “Dari data yang masuk dan persentasi perolehan suara calon, hampir dipastikan hasilnya sudah tidak ada perubahan signifikan, karena margin errornya hanya 1%,” tegasnya.

Firman juga menambahkan, tingkat pemilih di Pilkada Manado sangat tinggi yakni mencapai 73,06 persen. “Hasil hitung cepat LSI Denny JA ini kita jamin secara ilmiah dan bisa kami pertanggungjawabkan. Namun kita tetap menunggu keputusan resmi yang akan ditetapkan oleh KPU,” tutupnya.(ale)

Leave A Reply

Your email address will not be published.